The Hunger Games: Catching Fire

Baru pulang dari nonton screening nya Catching Fire nih. Akhirnya ya… setelah satu tahun setengah, keluar juga film yang udah gua tunggu-tunggu banget ini. 😀

catching fire1

<Gedung bioskop tempat employee screening>

catching fire2

<Pintu masuk bioskop… lucu ya dipasang poster Catching Fire semua>

catching fire3

<Di dalem bioskop sebelum film mulai dan pas masih sepi, nyolong-nyolong motret dengan HP yang diumpetin di dalem tas – sebenernya gak boleh bawa HP masuk bioskop! Tapi ya demi pasang foto di Instagram ya… :P>

The Synopsis

Jadi setelah film The Hunger Games yang pertama berakhir dengan kemenangan Katniss (Jennifer Lawrence) dan Peeta (Josh Hutcherson) di pertarungan tahunan Hunger Games yang ke-74, tugas mereka adalah untuk victor tour dari distrik ke distrik. Dan dari tour ini, si Katniss dan Peeta malah memancing orang-orang untuk memberontak. Dan seperti yang udah pada tau, Capitol itu paling anti sama pemberontakan.

Jadilah si President Snow tambah kesel aja ama Katniss. Makanya akhirnya untuk Hunger Games yang ke-75, yang dikenal sebagai Quarter Quell, President Snow memanggil para pemenang Hunger Games tahun-tahun sebelumnya untuk kembali bertarung (semacem all-stars lah ceritanya)! Yah tentunya termasuk Katniss dan Peeta! Yaelaaaa baru juga abis menang ya, udah kudu bertarung lagi. Amsiong dah… 😛

Nah apa ide President Snow untuk masukin Katniss ke arena Quarter Quell berhasil meredam pemberontakan? Trus gimana nasib Katniss dan Peeta di Quarter Quell? Secara pesertanya sekarang adalah para pemenang Hunger Games, pastinya mereka semua udah berpengalaman dan udah tau trick-trick nya, jadi jelas lebih berat pertarungannya. Belum lagi arena game nya juga semakin aneh bin ajaib pastinya kan…

Penasaran? Kudu mesti harus nonton banget banget dah! 😀

The Review

Dari sejak nonton trailer nya yang keren abis, baca-baca review nya yang bagus-bagus di internet (di RottenTomatoes dapet fresh 93%), plus denger cerita boss-boss yang kemaren pada pergi ke premiere nya semuanya pada bilang film ini bagus banget, jelas gua udah naruh ekspektasi yang paling tinggi dah ya. Dan biasanya, kalo gua udah naruh ekspektasi tinggi ke sebuah film, jatohnya gua pasti kecewa…

Dan ternyata… gua gak kecewa! Film nya beneran baguuussss!!! 😀

Sebenernya gua udah gak inget persis secara detil sih cerita Catching Fire ini secara gua baca bukunya udah lama banget kan ya. Tapi dari yang gua liat, semua cerita-cerita yang penting ada semua di film nya.

Seperti pas baca bukunya, Catching Fire ini menurut gua terbagi dalam 2 bagian. Bagian separuh yang pertama adalah tentang victor tour, kejadian-kejadian yang mulai nunjukin orang-orang yang mulai berani ngelawan Capitol, trus sampe persiapan buat Quarter Quell. Bagian separuh yang kedua adalah tentang pertarungan di arena Quarter Quell nya sendiri.

Nah pas gua baca bukunya, bagian separuh yang pertama itu menurut gua rada ngebosenin. Too slow gitu. Tapi ternyata di filmnya gak ngebosenin at all. Mungkin karena kalo di film kan kudu disingkat-singkat ya, jadi malah pas kalo menurut gua. Ceritanya tetep dapet semua, tapi gak kelamaan.

Sementara bagian separuh berikutnya, baik di buku maupun di film sama-sama serunya. Gua tuh selalu seneng kalo ngebaca buku yang mana gua harus berimajinasi, trus akhirnya gua bisa ngeliat imajinasi gua jadi kenyataan di film. Yah kayak pas ngeliat Quarter Quell ini. Asli seneng banget dah rasanya. 😀

The Acting

Jennifer Lawrence (Katniss) sih gak diragukan lagi acting nya ya. Josh Hutcherson (Peeta), menurut gua di Catching Fire ini lebih bagus acting nya dibanding pas di The Hunger Games. Lebih believable. Donald Sutherland (President Snow) juga gua bilang disini lebih believable kalo dia itu kejam.

Yang paling banyak nunjukkin kemajuan tuh menurut gua si Liam Hemsworth (Gale). Kalo di The Hunger Games dulu acting nya yah gitu deh, sekarang di Catching Fire acting nya yah gitu dong. Halah, apa coba! 😛 Maksud gua, sekarang acting nya bagus gitu… 😀 Pasti dia udah kursus acting dah. 😛

Nah dari aktor-aktris yang baru, juga rata-rata acting nya bagus-bagus. Gua paling suka ama Jena Malone yang jadi Johanna Mason. Dapet banget karakternya yang nyebelin-nyebelin baik gitu.

Satu-satunya yang tetep gua kurang sreg adalah si Sam Claflin yang jadi Finnick Odair. Secara acting sih sebenernya bagus juga, cuma entah kenapa tampangnya itu kurang charming kalo menurut gua ya… Tapi yah namanya film ya, gak mungkin bisa memuaskan semua orang kali ya… 😛

The Special Effect

Nah ini nih yang bikin Catching Fire ini beda banget sama film The Hunger Games tahun lalu. Special effect nya bagus banget! Capitol nya keliatan banget berasa keren dan megah gitu. Trus arena Quarter Quell nya dong juara banget. Asli keren abis. Bikin monster babon nya juga bagus, beda banget ama monster jadi-jadian di The Hunger Games taun lalu yang efeknya kurang pegimanaaa gitu. Bahkan panggung nya si Caesar Flickerman aja jadi keren sekarang.

Oh ya, gak lupa tempat training nya. Keren banget nih tempat training yang di Catching Fire ini!

Trus bajunya Katniss pas jadi api pun lebih bagus disini. Apalagi pas yang di tribute interview, yang mana baju pengantinnya berubah jadi baju Mockingjay itu… asli keren abis!!! 😀 Eh iya, ngomongin baju pengantin Katniss, kudu shout out nih kalo yang ngerancang bajunya itu adalah Tex Saverio, designer Indonesia lho! Hebat banget ya Indonesia! 😀

Emang katanya Catching Fire ini budget produksinya kan lebih tinggi dibanding The Hunger Games, karena gajinya si Jennifer Lawrence yang naik 20 kali lipat, plus ya karena dana buat special effect nya ini yang dikencengin. Gak heran sih makanya jadi keren begini…

The Verdict

Overall, gua puas banget ama Catching Fire ini. Rasanya gak ada yang perlu dikurangi atau ditambah. Udah cukup sempurna buat film adaptasi dari sebuah buku. Buat yang gak baca buku pun pasti bisa ngikutin karena detil ceritanya ada semua disini. Dan film nya itu komplit dari yang drama, romance, adegan yang mengharukan, yang lucu, plus action yang seru-seru semuanya ada disini!

Kalopun sampe gua dipaksa harus ngasih kritik (siapa juga yang maksa ya? :P), cuma satu yang gua pengen kritik. Make up nya Katniss pas lagi di pesta di rumah nya President Snow ama pas parade itu lho jelek banget. Huahaha. Gua emang bukan ahli make up sih, tapi menurut mata gua sih make up nya gak enak diliat, si J-Law jadi kayak bencong disana. 😛 Oh sama satu lagi, adegan si Finnick gendong si Mags di Quarter Quell tuh kadang keliatan banget ya kalo Mags nya itu boneka. 😛

Other than that… everything was just perfect. Gua kasih nilai 9.5 dah! (minus 0.5 nya itu ya gara-gara make up nya Katniss itu *tetep dibahas ternyata*) 😛

Jadi… jangan lupa pada nonton ya! Catching Fire bakal main di US, Indo, dan dimana-mana tanggal 21 November besok ini. Dan kalo udah nonton, let me know what you think, okay? 😀