Metamorfosa Rambut

Ternyata yang bermetamorfosa bukan kodok doang ya… Tapi rambut juga lho! Gua yakin semua orang pasti rambutnya pernah mengalami metamorfosa.

Nah kali ini gua pengen cerita tentang metamorfosa rambut gua selama ini, based on Halim‘s request. Tadinya gua mau nunggu sampe gua dapetin foto-foto jadul gua dulu untuk menunjang cerita baru gua mau posting. Tapi setelah dipikir-pikir, kayaknya bakal memalukan kalo masang foto-foto jadul, jadi mendingan gua cerita aja dah ya… Yang baca silakan membayangkan sendiri… πŸ˜›

Jaman TK-SD

Rambut gua belah pinggir. Belahannya di sisi kiri, jadi rambutnya disisir ke arah kanan. Tentu aja model rambut ini bukan permintaan gua, tapi ceritanya pasrah ama nyokap. πŸ˜›

Kayaknya jaman dulu, rata-rata anak laki pasti rambutnya belah pinggir gitu ya. Trus tiap abis mandi pasti disisir. Modelnya jadi culun-culun innocent gitu. Huahaha.

Jaman SMP

Begitu pindah Jakarta, gua berusaha mengubah model rambut gua. Kalo mau ngerubah model rambut emang sebaiknya dilakukan pas masa-masa perpindahan gitu, biar orang sekitar kita gak shock gara-gara rambut kita tau-tau berubah. Bener gak? πŸ˜›

Nah gua pengen banget ngerubah rambut gua jadi belah tengah. Yang mana ternyata susah lho!!! Rambut gua ini biarpun tipe nya lemes (gak kaku), tapi gak mau nurut banget. Belahan pinggir yang udah bertahun-tahun disitu, ternyata susah banget untuk digeser ke tengah. Perlu kesabaran dan keuletan untuk ngerubah posisi belahan rambut ini. Tips nya, pas gunting rambut harus minta rambut bagian atas digunting sama panjang. Kalo belah pinggir kan gak sama panjang tuh, nah kalo belah tengah harus sama panjang.

Dan pas jaman SMP ini pula gua mulai pake hair spray. Jadi kalo sekolah tuh rambutnya dibikin rada berjambul gitu lho! Setiap pagi sebelum sekolah gua selalu berkutat di depan kaca wastafel untuk bikin jambul itu. Susah lho, soalnya rambut gua sekali lagi sangat-sangat gak mau nurut. Hair spray kudu yang paling strong dan buanyaaaakkk sampe rambut kaku banget. Itupun masih kempes-kempes terus. Ampun dah!

Jaman SMA

Sekali lagi untuk mengubah model rambut kudu nunggu sampe ada perubahan crowd di sekitar kita. Gua lama-lama cape juga kudu pake hair spray tiap hari. Jadi mulai SMA gua putuskan untuk gak pake hair spray lagi. Selain itu, gua juga mulai musuhan ama sisir. Hahaha. Rambut depan gua ya turun biasa aja, belah tengah tapi rada dipanjangin sampe nutup mata. Bagian belakang sih harus selalu pendek. Gua paling gak pernah tahan kalo bagian belakang rambut tuh udah rada panjang apalagi kalo sampe nyentuk kerah baju. Geli banget rasanya.

Sekali waktu pernah gua potong bagian belakangnya pendek banget, sementara poni gua panjang kan. Eh diliat ama guru agama yang super duper rese bin bawel. Dia bilang rambut model apaan itu. Urusan apa coba ya? Guru agama kok ngurusin rambut orang. Emang dasar sirik aja tuh guru. Akhirnya gua dipanggil wali kelas gua dan disuruh benerin rambutnya.

Lha pegimana benerin coba ya… Bagian belakangnya udah pendek banget gitu… Akhirnya (entah kenapa ya dulu kok gua nurut banget ama guru, dipikir-pikir gua bego banget ya!) gua ke salon untuk babat abis rambut gua. Nah ini pertama kalinya gua berambut botak! Gak sampe gundul plontos sih. Mungkin sisa sekitar 1-2 cm gitu kali ya.

Dan gua sangat-sangat merasa gak cocok banget dengan rambut cepak gitu. Rasanya muka gua semakin bulet dan pipi gua semakin tembem.

Jadinya setelah itu gua balik berambut belah tengah panjang nutupin mata lagi. Belakangnya tetep pendek, tapi ya kudu ati-ati jangan sampe keterlaluan pendeknya.

Jaman Kuliah

Gua masih berasa nyaman ama model rambut ini, tapi pada suatu saat gua nyoba ngecat rambut gua jadi coklat. Ngecat sendiri ya gak pake ke salon… Dulu kan ceritanya ngetrend ya rambut dicat-cat gitu, jadi gua rasanya seneng juga rambut gua coklat. Hahaha. Sekarang kalo dipikir-pikir rasanya norak banget ya… πŸ˜› Ya sudahlah, itu kan masa lalu. Hehehe. Jadilah rambut gua selalu coklat. Begitu keluar item dikit, langsung cat lagi. Bener-bener gak pernah item dah rambut gua selama bertahun-tahun.

Sampe pas udah akhir-akhir masa kuliah, gua tiba-tiba memutuskan untuk pindah jalur. Waktu itu kan lagi musim-musimnya rambut bentuk Tintin tuh, nah gua pengen ikutan. Jadi rambut gua dicepak lagi sekitar 4-5 cm gitu biar depannya bisa dinaikin model Tintin. Otomatis karena udah pendek rambutnya, gua gak cat lagi.

Yang ada, beberapa temen kuliah gua malah tanya, kenapa rambut gua kok dicat item? Hahahaha. Aneh banget kan… πŸ˜› Jadi ternyata mereka itu beneran mikir rambut gua aslinya coklat lho.

Yang lucu juga, karena gua kan emang tiap 3 minggu sekali (paling lama sebulan dah) selalu gunting rambut kan, pernah ada temen yang tanya apa nyokap gua punya salon ya, soalnya kok gua sering banget gunting rambut. Hahaha. Aneh aneh… πŸ˜›

Jaman Kerja

Jadilah mulai masuk dunia kerja, rambut gua udah cepak. Kalo lagi pergi jalan-jalan gua selalu pakein gel untuk bikin jambul Tintin itu. Dan sekali lagi itu perlu perjuangan lho. Susaaaah banget rambut gua disuruh berdiri. Turun terus turun terus. Ampun dah gua. Sampe akhirnya gua menemukan sikat khusus yang berhasil membuat rambut gua bisa naik, plus gel yang super keras tentunya. Ribet ya… πŸ˜›

Yang lucu, temen-temen kantor gua pernah ngeliat foto di KTP gua yang mana adalah foto jaman SMA kan, dimana rambutnya itu masih belah tengah. Mereka pada ngetawain katanya gua gak cocok banget rambutnya panjang belah tengah gitu. Bagusan cepak.

Sementara gua kalo ketemu temen-temen SMA, mereka ngetawain bilang katanya gua gak cocok rambutnya cepak, bagusan rambutnya belah tengah kayak pas jaman SMA.

Jadi intinya ternyata model rambut itu cocok atau gak nya tuh tergantung kebiasaan ya kayaknya. Kalo udah terbiasa ama 1 model ya rasanya cocok, kalo diganti model lain berasa gak cocok. Padahal kalo udah lama-lama pake model yang baru ya cocok cocok aja… πŸ˜›

Sampe beberapa tahun gua bertahan pake gel kalo lagi pergi-pergi. Akhirnya cape juga ya pake gel. Apalagi kalo pergi-perginya sampe malem/subuh gitu, pulang rumah kan gak mandi lagi. Langsung tidur dengan rambut ada gel nya kok rasanya gak enak banget ya… Jadi akhirnya gua brenti juga pake gel. Biarin lah rambut gua begitu aja.

Rasanya malah jadi asik. Gak usah pake sisir atau sikat atau gel atau apapun. Setiap saat senantiasa ready to go. Gak perlu mikirin rambutnya harus disisir dulu atau diapain dulu. Simple banget dah!

Gua jadi seneng model rambut kayak begini. Cuma ya tetep, setiap 3 minggu harus di-maintain. Gaya banget ya. Hahaha. Soalnya begitu panjangan dikit, rambut gua bentuknya jadi gak karuan. Sekali lagi karena rambut gua yang gak bisa diatur itu. Kalo panjangnya nanggung jadi turun kagak, naik juga gak. Miring gitu! Huahaha. Gimana coba… πŸ˜›

Sampe pernah gua pas lagi mau ke salon, ketemu ama temen. Pas dia tanya gua mau ngapain (salon nya di Mal soalnya), gua bilang mau gunting rambut, dia sampe terheran-heran. Apanya lagi yang mau digunting katanya. Hahaha. Yah soalnya emang rambutnya masih tergolong pendek ya buat orang awam (duile awam), tapi itu udah panjang buat gua.

Jaman Sekarang

Berhubung disini gunting rambut di salon itu mahal, jadinya Esther beli clipper biar bisa gunting sendiri. Nah kalo mau mempertahankan model rambut yang dulu di Jakarta kan harusnya bagian atasnya sekitar 3-4 cm, tapi bagian samping ama belakangnya cepak banget mungkin setengah cm. Dan itu ternyata susah lho mau gunting pake macem-macem ukuran gitu. Kalo gak ahli jadinya keliatan banget perbedaannya antara yang panjang dan pendek. Gak bisa gradasi gitu.

Akhirnya harus digunting rata seluruh kepala dengan ukuran yang sama. Jelas gak bisa pake ukuran yang 4 cm karena bagian pinggir ama belakangnya jadi kepanjangan dong ya. Jadinya pake ukuran yang lebih pendek (di clipper nya nomor 2, rasanya sih rambutnya jadi tinggal 1 cm-an). Tapi lagi, semakin lama kok gua merasa semakin enak kalo rambutnya botak ya. Jadilah clippernya diturunin jadi nomor 1. Hehehe.

Yah begitulah asal muasal kenapa rambut gua jadi botak begini. Sebenernya sih gua kepikir pengen juga rambutnya dibotakin plontos. Kalo ngeliat Vin Diesel kan keren ya kepalanya plontos gitu. Tapi kalo dipikir-pikir lagi kalo ntar jatohnya jadi kayak Pak Ogah gimana dong… Kan serem.. πŸ˜›

Kalo menurut kalian, gua cocok gak diplontosin? Hehehe.

PS. Ada yang mau ikutan sharing tentang metamorfosa model rambut kalian? Monggo